Cara Cleaning Printer HP Deskjet dan Ink Tank Terlengkap



Kamu harus melakukan cleaning bila tinta printer tidak mau keluar. Berikut cara cleaning Printer HP Deskjet dan Ink Tank paling lengkap.

Printer kini telah menjadi alat yang penting sebagai pendamping perangkat komputer. Perannya sebagai mesin pencetak bisa membuat pekerjaan terhambat bila sedang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Biasanya, masalah yang paling sering muncul pada printer adalah tinta yang tidak mau keluar. Bila sudah begini, kamu harus mengatasinya dengan melakukan head cleaning.

Head cleaning merupakan cara pembersihan untuk membuang tinta yang menggumpal di bawah cartridge agar tinta dapat mengalir kembali dengan normal. Cara pembersihan seperti ini biasanya memiliki tahapan yang berbeda pada setiap printer bergantung dengan jenisnya.

Khusus untuk Printer HP, ada dua cara cleaning yang dapat dilakukan tergantung pada jenisnya. Berikut akan dijelaskan masing-masing cara cleaning Printer HP sederhana yang bisa kamu praktekkan di rumah.

Cleaning Printer HP Deskjet

Cara cleaning Printer HP Deskjet adalah dengan menggunakan aplikasi khusus yang telah terinstal pada komputer. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Hubungan printer dengan perangkat komputer yang telah menyala terlebih dahulu.

  2. Jalankan aplikasi HP Deskjet. Biasanya, aplikasi ini telah terinstal bersamaan dengan menginstal driver printer ke komputer saat akan digunakan. 

  3. Bila aplikasi telah terpasang, kamu akan menemukan menu “HP Connected”, “Print”, “Shop”, “Help” dan “Utilities”.

  4. Silakan pilih menu “Print”, lalu lanjutkan dengan “Maintain Your Printer”.

  5. Bila jendela pop up telah muncul, pilih tab menu “Device Services”. Selanjutnya klik “Clean Ink Cartridges”.

  6. kamu hanya perlu menunggu proses pembersihan selesai ketika komputer menunjukkan proses cleaning yang sedang berlangsung.

  7. Layar komputer akan menunjukkan jendela pop up yang mengatakan “Cleaning has completed”. Itu tandanya proses pembersihan telah selesai.

  8. Tekan tombol “Print” untuk melakukan proses pencetakan. Hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah proses pembersihan benar-benar telah berhasil.

  9. Proses pembersihan di atas dapat diulangi hingga 3 kali bila hasil print masih belum sempurna.

  10. Bila hasil belum maksimal, kamu bisa menekan tombol second-level clean. 

Kamu tidak perlu khawatir dengan jenis windows di komputermu. Langkah-langkah di atas juga berlaku sebagai cara cleaning Printer HP Windows 10.

Cleaning Printer HP Ink Tank

Cara cleaning Printer HP Ink Tank sedikit berbeda dengan Printer HP Deskjet

sebelumnya. Jenis Printer HP ini tidak menggunakan aplikasi khusus, tetapi dapat dilakukan langsung dengan menekan tombol yang terdapat pada hardware printer

  1. Pertama, pastikan printer telah terhubung ke listrik.

  2. Tekan tombol power agar printer tersebut menyala.

  3. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol power sembari menekan tombol “X” sebanyak dua kali, lalu lepas tekanan pada tombol power.

  4. Bila lampu pada tombol power berkedip, itu berarti proses pembersihan dengan berlangsung.

  5. kamu hanya tinggal menunggu sampai lampu pada tombol power tidak berkedip lagi.

  6. Bila lampu sudah tidak berkedip, itu tandanya proses pembersihan telah selesai. 

  7. Silakan sambungkan printer ke komputer dan coba lakukan proses pencetakan untuk melihat hasilnya. Biasanya, hasil print akan kembali bagus seperti semula.

Cara Membersihkan Printer Secara Manual

Kamu telah melakukan langkah-langkah di atas, tetapi ternyata hasilnya masih belum bagus? Kamu juga bisa melakukan pembersihan secara manual untuk mengatasi masalah tersebut.

Caranya sederhana, yaitu dengan melepas cartridge dari tempatnya. Kemudian, bersihkan dengan kain halus dan kering yang ada di rumahmu. 

Ingat, kamu harus membersihkannya secara perlahan dan hati-hati demi menghindari terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan pada cartridge.

Itulah penjelasan tentang cara cleaning Printer HP yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Mudah, bukan? Pastikan kamu telah memahami langkah-langkahnya terlebih dahulu sebelum dipraktikkan agar tidak terjadi kesalahan yang bersifat fatal.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url