Cara Menghapus Virus Trojan di Laptop

Cara Menghapus Virus Trojan di Laptop


Laptop digunakan untuk mempermudah manusia melakukan berbagai pekerjaan hingga mencari hiburan dikala luang. Namun, hadirnya virus pada laptop dapat membuat file penting menjadi hilang bahkan laptop mati total. Cara menghapus virus trojan harus diketahui untuk membuat laptop menjadi bebas virus. 

Terdapat berbagai jenis virus yang dapat membuat komputer menjadi lebih lamban, salah satunya ialah virus trojan. Penyebaran virus ini biasanya melalui email, messenger maupun format lainnya yang bisa dikirim melalui internet. Jika kamu membuka link dan lampiran file, maka komputer akan terinfeksi virus. 

Bahaya virus trojan yang bisa komputer alami diantaranya ialah mengubah pengaturan laptop hingga pencurian data. Bahkan dengan adanya virus trojan pada perangkat komputer bisa mengundang virus ransomware lainnya yang tak kalah berbahaya. 

Jika PC maupun laptop sudah terkena virus ini, maka Kamu harus secepat mungkin menghilangkan virus dari perangkat. Berikut ini adalah beberapa cara menghapus virus trojan di PC yang bisa Kamu lakukan. 

  1. Menggunakan Program Virus Removal 

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan virus trojan ialah dengan menggunakan program virus removal. Salah satu yang cukup sering digunakan adalah MalwareBytes. Berikut ini langkah langkahnya 

  • Langkah pertama yang harus dilakukan ialah merestart komputer untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan.

  • Jika PC Kamu mengalami infeksi virus yang cukup berat maka komputer akan menjadi lebih lambat. Maka lebih baik jika Kamu menggunakan fitur safe mode yang akan membuat proses penghapusan virus menjadi lebih efektif. 

  • Setelah melakukan restart maka jalankanlah antivirus yang sudah terpasang di PC Kamu. Pilihlah antivirus yang berkualitas dan memiliki reputasi yang baik seperti AVG, Avast, Malwarebytes dan lainnya. 

  • Jika antivirus telah terbuka maka lakukanlah scanning untuk menemukan dan mendeteksi virus trojan dan virus lainnya pada laptop. 

  • Tunggu hingga proses scanning selesai, jika virus trojan telah selesai maka lakukan restart pada komputer. Hal ini untuk memastikan bahwa virus trojan sudah benar benar terhapus. 

  • Lakukanlah recycle bin setelah komputer di restart, kemudian matikan fitur system restore pada windows. Caranya adalah dengan klik bagian start dan klik kanan pada icon my computer. Setelah itu pilih bagian properties dan centang turn off system restore dan klik apply. 

  • Selesai, kini Kamu bisa kembali menggunakan komputer dengan lebih cepat tanpa ada gangguan virus. 

  1. Menggunakan Langkah Manual

Cara selanjutnya ialah menghilangkan virus trojan secara manual untuk memastikan PC bersih dari virus membahayakan ini. Berikut ini langkah langkah mudah yang bisa Kamu ikuti 

  • Pertama Kamu harus menghentikan aktivitas trojan dengan menggunakan task manager. Tekan Ctrl + Alt + Del secara bersamaan lalu buka tab “processes” lalu klik bagian user name. Perhatikan apakah ada bagian yang mencurigakan, biasanya virus trojan berbentuk file .exe oleh karena itu matikan semua file .exe yang sedang berjalan. 

  • Kamu bisa menghapus file trojan dari komputer, sebelumnya pastikan bahwa file tersembunyi dapat ditampilkan oleh windows explorer. File trojan biasanya disimpan di bagian folder windows dan terkesan seperti bawaan dari sistem operasi. Setelah Anda menemukan virus trojan yang berbentuk .exe maka hapuslah secara permanen dengan menekan Shift + delete. 

  • Setelah memastikan virus terhapus maka Kamu juga harus menghapus virus dari registry komputer. Caranya adalah dengan klik menu start dan klik ran lalu masuk ke regedit. Lalu tekan Ctrl + F dan masukan nama trojan yang sebelumnya Kamu temukan. Jika sudah ditemukan maka hapus semua registry yang berhubungan dengan file tersebut. 

Itulah beberapa cara menghapus virus trojan dari komputer yang bisa dilakukan. Pastikan Kamu melakukan aktivitas internet dengan hati hati sehingga virus tidak lagi menyerang PC.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url