Jenis Jenis Virus Komputer yang Harus Diketahui

Jenis Jenis Virus Komputer yang Harus Diketahui

Penggunaan komputer menjadi hal yang tidak bisa lepas dari kegiatan manusia sehari hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, mencari informasi hingga pekerjaan lainnya akan lebih mudah dengan menggunakan komputer. Namun, jenis jenis virus komputer bisa menjadi hambatan yang serius bagi PC. 

Berbagai virus ini dapat membuat PC mengalami kerusakan ringan hingga mengalami mati total. Jika tidak diantisipasi dengan baik, maka semakin banyak file maupun program komputer yang terkena virus. Hal ini membuat Kamu menjadi tidak nyaman dalam menggunakan komputer dan membuat file hilang. 

Jika saat ini komputer Kamu sedang terkena virus, maka lakukanlah penangan yang cepat dan tepat. Setiap virus berbeda cara penangannya sehingga Kamu harus mengetahui virus apa yang menyerang PC. Berikut ini ialah jenis jenis virus komputer dan cara pencegahannya. 

Virus Worm

Virus komputer yang pertama akan dibahas ialah virus worm yang sebenarnya tidak memiliki dampak yang terlalu bahaya bagi PC. Namun, jika keberadaan virus ini dibiarkan maka akan membuat memori PC menjadi cepat penuh dan membuat sistem komputer menjadi rapuh. 

Hal ini dikarenakan virus ini mampu menduplikasikan dirinya dengan cepat dan membuat berbagai file tidak berguna di PC. Sehingga penyimpanan komputer maupun hardisk menjadi lebih mudah penuh. Untuk mengatasi PC terhindar dari virus ini maka gunakanlah antivirus terbaik dan berkualitas. 

FAT

Jenis virus komputer terbaru selanjutnya yang harus Kamu waspadai ialah FAT (File Allocation Table Virus). Hadirnya virus ini dalam PC dapat merusak berbagai file file tertentu yang bisa saja sangat Kamu butuhkan. Cara kerja virus ini ialah dengan menyembunyikan beberapa file penting sehingga sulit ditemukan. 

Agar komputer terhindar dari virus ini maka sebaiknya Kamu memperhatikan dengan seksama data yang tersimpan dalam hardisk. Jika suatu saat Kamu menemukan satu file asing, maka hal ini merupakan virus FAT. 

Virus Trojan 

Penggunaan internet dan komputer memang tidak bisa dipisahkan, namun Kamu harus berhati hati jika sedang mengakses internet. Hal ini karena dari internet bisa membuat komputer jadi terjangkit virus, salah satunya ialah virus trojan. Virus ini mampu mencuri serta mengendalikan data yang ada dalam memori PC.

Penyebaran virus ini biasanya menyebar ke berbagai lokasi yang terhubung dengan internet seperti email. Sama seperti virus lainnya, virus trojan juga mampu merusak file dan berbagai program. Untuk melindungi komputer dari virus ini maka gunakanlah antivirus seperti Trojan remover dan Trojan Hunter. 

Companion Virus 

Virus selanjutnya yang cukup membuat pengguna panik ialah Companion Virus yang biasa bersembunyi di dalam hardisk. Companion Virus ini juga memiliki tujuan yang sama dengan virus lainnya yakni merusak file pribadi. Virus ini mampu mengubah format data asli menjadi format palsu. 

Contohnya ialah jika Kamu mempunyai file dengan ekstensi.jpg kemudian virus ini mampu mengubah ekstensi file menjadi .apk. Hal ini membuat Kamu kesulitan untuk mencari file yang asli oleh karena itu lakukanlah pencegahan dengan menggunakan antivirus hingga menggunakan aplikasi firewall. 

Macro Virus

Nama virus komputer selanjutnya yang perlu kamu ketahui ialah Macro Virus yang dapat menyerang berbagai file macro. Biasanya virus ini menyerang file dokumen .pps, .xlx atau .dcom. Virus ini bisa berasal dari email yang biasanya berisi isian yang tidak jelas. 

Hal yang harus kamu lakukan untuk mencegah komputer terkena virus ialah dengan tidak membuka email sembarangan. Jangan sampai kamu membuka link dari email yang tidak jelas sumbernya. Lakukanlah juga scan pada komputer secara dengan menggunakan anti virus. 

Itulah berbagai jenis jenis virus komputer yang berbahaya dan dapat merusak file hingga PC Kamu. Lakukanlah scan virus secara rutin dan jangan sembarangan membuka link dari sumber yang tidak jelas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url