Cara Instal Printer Canon IP2770 Lengkap dan Mudah Dipahami



Apakah Kamu baru saja membeli printer? Sudah dihubungkan dengan perangkat komputer, tetapi mesinnya masih belum mau bekerja? Jangan khawatir dulu,karena printer tersebut tidaklah rusak.

Printer tidak bekerja seperti flashdisk yang bisa langsung digunakan setelah menyambungkannya ke komputer. Kamu perlu menginstal driver printer terlebih dahulu sebelum mesin pencetak itu siap digunakan.

Ada dua cara umum untuk menginstal printer, yaitu dengan menggunakan CD atau tanpa CD. Pembelian printer yang masih baru biasanya disertai dengan CD untuk instalasi. Namun, bila Kamu sudah kehilangan CD-nya, kamu masih tetap bisa melakukan penginstalan tanpa CD.

Nah, bagaimana cara menginstalnya bila jenis printer yang kamu punya adalah Canon IP2770? Berikut akan dijelaskan cara install Canon IP2770 yang mudah dan sederhana.

Menginstal Printer Dengan CD

  1. Masukkan CD installer ke dalam komputer.

  2. Bila CD langsung terbaca, kamu bisa pilih “Run setup.exe”. Bila tidak, masuk ke file master installer melalui Windows Explorer dan klik file “Setup.exe” dua kali.

  3. Proses instalasi akan dimulai bila tampilan program installer telah muncul. Silakan pilih tempat tinggal kamu, lalu klik “Maju”.

  4. Selanjutnya pilih nama negara dan klik “Maju”.

  5. Pilih “Instal Mudah” untuk proses instalasi yang sederhana. Namun, bila Kamu ingin memilih beberapa program dari driver printer, kamu bisa pilih dua pilihan lainnya.

  6. Tampilan selanjutnya akan menunjukkan program-program yang akan diinstal. Kamu bisa langsung pilih “Instal”.

  7. Persetujuan tentang Lisensi Produk Canon akan muncul setelahnya. Kamu bisa baca sebentar untuk memahami ketentuannya, kemudian klik “Ya”.

  8. Jika kamu paham cara mengatur firewall yang diminta oleh komputer, kamu bisa mengaturnya terlebih dahulu sesuai dengan program. Jika tidak, kamu bisa lanjut ke proses instalasi dengan pilih “Maju”.

  9. Tunggu proses instalasi hingga 100%.

  10. Bila instalasi sudah selesai, sambungkan perangkat printer ke komputer dan tekan tombol power untuk menyalakannya.

  11. Bila printer berhasil dideteksi, Penjajaran Kepala Cetak akan dilakukan dengan klik “Maju”.

  12. Klik “Maju” satu kali lagi untuk melanjutkan instalasi.

  13. Klik “Setuju” bila Kamu ingin mendapatkan informasi produk-produk Canon. Bila klik “Tidak Setuju” juga tidak apa-apa.

  14. Proses instalasi telah selesai. Kamu bisa langsung klik “Keluar”.

Tidak perlu khawatir dengan jenis Windows di komputer. Cara seperti ini juga bisa diterapkan sebagai cara instal printer Canon IP2770 di Windows 10.

Menginstal Printer Tanpa CD

  1. Hal pertama yang harus kamu punya adalah driver printer untuk diinstal. Kamu bisa download driver Canon IP2770 gratis di situs resmi Canon.

  2. Bila sudah diunduh, buka aplikasi pada “Run as administrator” untuk mengurangi kemungkinan error yang terjadi.

  3. Pilih bahasa yang ingin digunakan, kemudian klik “Next”.

  4. Pilih di mana kamu tinggal, lalu klik “Next”.

  5. Klik “Yes” untuk menyetujui license. Bila tidak setuju, proses instalasi tidak akan dilanjutkan.

  6.  Silakan tunggu proses instalasi yang sedang berlangsung.

  7. Sambungkan perangkat printer kepada komputer dan tekan tombol power untuk menyalakannya.

  8. Bila sudah, tampilan layar akan menunjukkan bahwa proses instalasi telah selesai. Kamu bisa klik “Complete”.

Cara instal printer canon tanpa CD yang kamu lakukan sudah benar bila printer sudah terkoneksi ke komputer. Kamu bisa memeriksanya dengan klik “Start” > Ketik “Device and Printers” > kemudian buka ikon tersebut. 

Bila printer kamu sudah ada pada daftar perangkat yang tersambung ke komputer, itu artinya printer sudah bisa digunakan.

Itulah penjelasan tentang cara install Canon IP2770 yang mudah dan sederhana. Kamu tak perlu takut gagal untuk mempraktekkannya sendiri di rumah.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url