Cara Cleaning Printer Epson L360 dan Perawatannya

Cara Cleaning Printer Epson L360 dan Perawatannya
Cara cleaning printer epson L360 sangat mudah dan sama untuk semua tipe Epson. Namun, jangan sering melakukan cleaning, karena bisa menimbulkan masala

Ada saja masalah pada printer yang mendadak dan tidak terduga. Bagi kamu yang mempunyai printer Epson L360, tidak perlu khawatir untuk membuat printer bisa kembali bekerja dengan normal. Lakukan perbaikan dengan cara cleaning printer Epson L360 kamu, maka printer akan kembali kembali seperti sedia kala.

Cara ini biasanya akan memperbaiki hasil cetak printer yang putus-putus. Itu artinya cartridge yang ada pada printer perlu dibersihkan, sehingga proses cleaning ini menjadi solusi terbaik. Simak terus bagaimana cara cleaning printer Epson semua tipe, karena pada dasarnya sistem pengaturannya sama persis.

Langkah-Langkah Cleaning Printer Epson

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa semua tipe printer Epson memiliki pengaturan yang sama. Mulai dari tipe L210, L310, L220, dan L360. Namun sebelumnya, dalam melakukan proses cleaning ini kamu harus berhati-hati. Karena jika terjadi kesalahan bisa merusak head printer, jadi simak caranya dengan cermat.

Pertama, masuk ke menu windows kemudian pilih menu “Control Panel”. Kemudian, pilih menu “Hardware And Sound” dan kemudian pilih “Devices And Printers”.

Kedua, klik kanan di logo printer Epson yang tertera pada “Device And Printers tersebut. Kemudian, pilih “Printing Preferences”.

Ketiga, klik menu “Maintenance” dan setelah itu pilih “Head Cleaning”.

Keempat, merupakan langkah terakhir dengan mengklik tombol “Start”, maka printer akan melakukan proses cleaning. Pada saat proses cleaning sedang berlangsung, printer akan mengeluarkan bunyi seperti ketika sedang mencetak. Selain itu indikator lampu tinta berkedip-kedip.

Indikasi proses cleaning sudah selesai ketika printer tidak mengeluarkan bunyi, dan lampu indikator tidak lagi berkedip-kedip. Maka proses cleaning yang kamu lakukan sudah selesai. Cara ini sangat mudah, dan siapapun bisa melakukannya, sehingga kamu tidak terlalu terburu untuk membawa ke service printer Epson L360.

Jangan Sering Melakukan Cleaning

Proses cleaning memang harus dilakukan secara berkala agar printer bisa bekerja dengan normal. Namun, kamu tetap tidak memerlukan proses cleaning terlalu sering. Karena proses cleaning yang terlalu sering akan menyebabkan masalah baru.

Secara tidak langsung cleaning ini akan menyebabkan head printer cepat habis. Tinta yang digunakan juga akan habis dengan cepat sehingga akan boros.

Lakukan cleaning pada printer Epson L360 ini ketika hanya terjadi masalah pada proses pencetakan, yaitu ketika tinta tidak bisa keluar dengan baik. Sehingga menyebabkan hasil cetakan putus-putus, tinta yang terlalu banyak, dan lain sebagainya.

Pada jenis-jenis printer Epson keluaran terbaru, cara cleaning printer Epson otomatis. Sehingga akan sangat jarang sekali proses cleaning dilakukan secara manual, kecuali memang sangat diperlukan.

Waktu yang Tepat Melakukan Cleaning

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa melakukan cleaning terlalu sering akan menimbulkan efek negatif pada printer Epson. 

Oleh karenanya kamu harus benar-benar melakukan cleaning ini di saat yang tepat saja. Ketika hasil dari proses cetak tidak normal, terbentuk garis putus-putus, dan hasil yang tidak baik lainnya.

Cleaning sebenarnya adalah bagian dari perawatan printer. Dengan melakukan proses ini printer bisa lebih awet dan bisa bekerja dengan normal. Kamu harus bisa menjaga agar head printer tetap dalam kondisi prima.

Printer harus digunakan setiap hari untuk menjaga kondisi printer. Namun ketika menggunakannya pun tidak dianjurkan dengan pekerjaan yang berat. Proses pencetakan harus dilakukan secara wajar, yaitu tidak jarang dan tidak terlalu sering digunakan.

Itulah cara cleaning Printer Epson L360 dan cara merawatnya agar printer bisa awet dan bisa bekerja dengan normal. Kamu harus memperhatikan secara cermat pada proses cleaning, dan penggunaannya agar tidak melebihi beban atau bahkan terlalu jarang digunakan.


Next Post Previous Post
1 Comments
  • Muhamad Sony Pratama
    Muhamad Sony Pratama 30 Desember 2020 pukul 08.01

    printer saya asalnya bergaris dan saya lakukan head cleaning 1x, setelah itu semua sudah aman setelah pemeriksaan nosel tpi ada sedikit garis yang hilang di saat pemeriksaan nosel, setelah itu saya coba sekali lgi melakukan head cleaning lgi dan yang terjadi adalah warna hitam tidak terlihat atau samar (kualitas print memburuk) adakah saran yg bisa saya lakukan agar printer saya kembali normal ? terimakasih

Add Comment
comment url