Cara Scan di Printer Epson L3110 Lebih Mudah, Coba Ini!

                                      Cara Scan di Printer Epson L3110 Lebih Mudah, Coba Ini!

Cara scan di printer epson L3110 dapat melalui banyak cara. Scan saat ini telah menjadi kebutuhan, apalagi dengan penggunaanya yang beragam. Anda mungkin perlu mengirim file melalui email. Oleh karena itu, untuk pertama kalinya Anda harus membuat scan. Selain itu, untuk keperluan email pekerjaan saat Anda harus menandatangani dan mengirim lagi melalui email.

Anda harus melakukan scan pada file dengan hasil yang baik. Bahkan Anda juga perlu scanner untuk menyimpan foto-foto lama dalam file. Kehadiran printer Epson L3110 bisa membantu melakukan semua hal tersebut.

Inilah Cara Scan di Printer Epson L3110

Saat Anda akan daftar pekerjaan biasanya memang harus mengunggah file hasil scan dari kartu identitas berupa SIM atau KTP. Untuk mendapatkan file tersebut, kebanyakan harus mendatangi tempat percetakan untuk menscan dokumen. Namun hal berbeda akan Anda rasakan apabila memiliki printer epson L3110.

Epson L3110 menjadi perangkat printer yang sudah mendukung fitur All In One. Tentunya tidak hanya untuk printing atau mencetak saja. Namun printer ini juga bisa Anda gunakan untuk mengubah hardcopy menjadi softcopy, dalam hal ini menggunakan fitur scan. Harga yang berkisar Rp 2 jutaan, tak heran apabila banyak pelajar atau pekerja kantoran yang memilih untuk membeli printer ini. Bahkan juga menggunakannya secara pribadi.

Fitur all in one yang terdapat pada printer ini memungkinkan penggunanya untuk print, scan dan copy. Berbeda dengan copy, Anda hanya bisa memasukan dokumen ke ruang scan printer. Selanjutnya Anda hanya perlu menekan tombol copy, baik hitam maupun berwarna.

Namun cara scan di printer epson L3110, Anda perlu menginstal aplikasi scan epson L3110 terlebih dahulu pada komputer. Sebab, saat menggunakan kedua perangkat, baik printer dan komputer harus terhubung. Tanpa melalui proses ini mustahil Anda bisa melakukan scan dokumen apabila scanner belum terdeteksi oleh komputer.

Download Driver Scanner Epson L3110

Fungsi driver scanner pada perangkat komputer yakni agar bisa mengenali dan sinkronisasi antara scanner dengan komputer. Tujuannya agar kedua perangkat bisa saling berkomunikasi dengan baik, bahkan scanner bisa memahami perintah tanpa masalah. Selain itu perangkat scanner juga bisa memberikan detail informasi saat terjadinya masalah atau error pada komputer.

Hal ini tentu memudahkan pengguna untuk melakukan perbaikan berdasarkan informasi yang diberikan. Berikut ini adalah cara download file driver dari web resmi yang pastinya aman untuk Anda instal pada komputer.

Anda bisa masuk pada situs tempat download driver epson L3110. Selanjutnya Klik Menu Unduh/Download pada situs tersebut. Pilih Sistem Operasi sesuai komputer yang Anda gunakan. Biasanya situs akan mengetahui OS yang digunakan secara otomatis.

Kemudian Klik tanda (+) di sebelah kanan Driver. Pada bagian sebelah kanan Driver Scanner untuk Windows, klik tombol Unduh. Nantinya akan muncul halaman term and condition dan klik Accept. Download file driver yang secara otomatis oleh komputer Anda. Pastikan untuk tunggu hingga proses download selesai oleh sistem.

Cara Instal Driver Scan Epson L3110

Cara scan di printer epson L3110 selanjutnya, apabila sudah berhasil mengunduh file driver. Saat ini bisa melakukan proses instalasi driver pada komputer agar scanner bisa cepat terhubung dengan PC. Hal ini agar bisa Anda gunakan untuk scan dokumen. Sebelum memulai proses instal drivernya, pastikan printer epson L3110 sudah terhubung ke komputer. Baik itu melalui kabel USB dan pada bagian power dalam kondisi hidup. Berikut cara instal drivernya.

Anda bisa buka folder tempat file driver yang sudah selesai di download. Jalankan file driver dengan klik 2 kali, selanjutnya ikuti petunjuk instalasi yang tampak pada layar PC Anda. Biasanya cukup klik next dan beri tanda centang pada term and condition. Setelah itu, klik next dan tunggu proses instalasi hingga selesai.

Setelah muncul pemberitahuan Epson Scan 2 berhasil Anda instal. Artinya Anda telah berhasil menyelesaikan proses instal driver dengan benar. Anda hanya perlu menunggu hingga komputer berhasil mengetahui scanner Epson L3110. Langkah berikutnya dengan melakukan restart PC.

Cara Scan Dokumen Di Printer Epson L3110

Apabila Anda sudah berhasil melakukan instalasi driver scanner Epson L3110, maka bisa mulai melakukan scan dokumen, foto, serta gambar. Perlu Anda ketahui bahwa cara menggunakan perangkat tersebut cukup mudah. Untuk memulai proses scan dokumen, maka perangkatnya harus sudah terhubung ke komputer. Selain itu, juga telah dihidupkan dengan menekan tombol power. Berikut ini adalah cara melakukan scan dokumen.

Pastikan untuk hidupkan komputer dan printer terlebih dahulu. Selain itu, juga perlu memastikan komputer telah terinstall driver Epson L3110. Tempatkan dokumen/foto yang akan Anda scan pada scan tray dengan menghadap ke kacanya. Selanjutnya tekan menu Start, lalu Devices and Printer. Untuk Windows 10 bisa menekan start dan pilih “Printers & Scanners”.

Setelah terbuka, bisa klik kanan printer yang akan Anda gunakan untuk scan. Cara scan di printer epson L3110, pilih Start untuk memulainya. Tekan Preview terlebih dahulu untuk melihat proses scan. Apabila berhasil, maka akan tampil foto dengan titik-titik mengelilingi fotonya. Hal tersebut menandakan area yang akan di scan oleh printer Epson L3110. Pilih scan untuk melakukan scan dan menyimpan filenya pada komputer.

Pastikan untuk menunggu prosesnya 1 hingga 2 menit agar printer melakukan tugasnya. Apabila telah berhasil akan muncul Window untuk menyimpan file. Setelah itu, beri nama tag dan tekan Import. Nantinya akan muncul folder saat file tersimpan.

Cara Menggunakan Epson Scan 2

Cara yang bisa Anda lakukan dengan menghidupkan komputer dan printer Epson L3110 terlebih dahulu. Pastikan bahwa kedua perangkat tersebut telah terhubung. Anda bisa tekan start pada kiri bawah, lalu pilih Epson dan Epson Scan. Pastikan untuk menunggu sesaat dengan window Connecting to the scanner terloading sempurna.

Cara scan di printer epson L3110 bisa melakukan setting terlebih dahulu, sebelum melakukan scan. Pada Document Size bisa memilih ukuran kertas A4, A5 A6 dan yang lainnya. Selain itu, juga bisa memilih Letter atau Plastic Card, bahkan dengan resolution 300 dpi. Apabila sudah tekan Preview untuk melihat terlebih dahulu dan tunggu proses loading hingga selesai.

Apabila sudah selesai dan cocok, lalu pilih Scan untuk melakukan scan. Nantinya folder tempat penyimpanan akan terbuka otomatis atau bisa mengubahnya pada bagian Folder diatas tombol Preview.  Saat ini dokumen yang Anda scan telah tersimpan, bentuknya JPEG ke dalam komputer. Namun apabila tidak berhasil melakukan scan dengan cara tersebut. Ada cara lain untuk melakukan scan yakni dengan memanfaatkan program Paint yang ada pada Windows.

Cara Scan Menggunakan Paint

Saat ini Anda juga bisa melakukan scan dengan menggunakan paint. Berikut ini adalah cara scan di printer epson L3110 menggunakan aplikasi Paint.

Pastikan untuk buka aplikasi paint di Windows. Selanjutnya tekan menu File dan pilih From scanner or camera. Pada window yang tampak tekan Preview terlebih dahulu. Apabila sudah berhasil, hasil preview akan terlihat. Anda bisa memotongnya apabila perlu dan tekan Scan. Saat telah berhasil, maka hasilnya akan muncul pada aplikasi Paint. Setelah itu, simpan file tersebut dengan menekan File lalu Save as.

Berbagai cara scan di printer epson L3110 bisa Anda coba lakukan. Tentu saja bisa memilih salah satunya yang Anda anggap cukup mudah.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url